Sobirin, Mohamad Syahril (2022) ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM KUMPULAN CERPEN CORAT-CORET DI TOILET KARYA EKA KURNIAWAN DENGAN PENDEKATAN PRAGMATIK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS XI SMA (Penelitian Deskriptif Analitik). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (224kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
ABESTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (301kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (465kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
ABSTRAK Mohamad Syahril Sobirin 2021. Analisis Nilai-nilai Kehidupan Dalam Kumpulan Cerpen Corat-coret di Toilet Karya Eka Kurniawan Dengan Pendekatan Pragmatik sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas XI SMA (Penelitian Deskriptif Analitis). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam cerpen merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih ada peserta didik kelas XI yang belum mampu mencapai kompetensi tersebut. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya bahan ajar yang digunakan. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian berupa analisis nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerpen Corat-coret di Toilet karya Eka Kurniawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kehidupan yang terkandung pada kumpulan cerpen Corat-coret di Toilet karya Eka Kurniawan serta mengetahui dapat atau tidaknya kumpulan cerpen Corat-coret di Toilet karya Eka Kurniawan.dijadikan alternatif bahan ajar sastra pada siswa kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kumpulan cerpen Corat-coret di Toilet karya Eka Kurniawan mengandung nilai-nilai kehidupan yang lengkap yang meliputi nilai agama, sosial, moral, politik, budaya dan nilai estetika. Nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerpen tersebut merupakan realita yang terjadi di lingkungan masyarakat sehingga permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam cerita-cerita pada kumpulan cerpen tersebut sangat dekat dengan peserta didik. Data-data tersebut membuktikan bahwa kumpulan cerpen Corat-coret di Toilet karya Eka Kurniawan memenuhi kriteria bahan ajar kriteria yang berkaitan dengan kurikulum 2013 sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Selain itu berkaitan dengan bahan ajar sastra yang memenuhi aspek kebahasaan peserta didik, latar belakang budaya peserta didik, dan perkembangan psikologi peserta didik. Berdasarkan indikator-indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa kumpulan cerpen Corat-coret di Toilet karya Eka Kurniawan ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra pada siswa kelas XI di SMA/Sederajat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 07:00 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 07:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6230 |
Actions (login required)
View Item |