Mustika, Neng Lia (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Hasanah 3 Cipari, Pancatengah Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (126kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (116kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (279kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (170kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
Abstract
ABSTRAK Neng Lia Mustika. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Hasanah 3 Cipari Pancatengah Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun pada kenyataannya, berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa masih banyak peserta didik kelas VII MTs. Al-Hasanah 3 Cipari belum mencapai KKM mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks cerita fantasi. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model Talking Stick meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang didengar dan dibaca pada peserta didik kelas VII MTs Al-Hasanah 3 Cipari Pancatengah tahun ajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang belum mampu mencapai KKM sebanyak 10 orang 38%) dan peserta didik yang sudah mampu mencapai KKM sebanyak 16 orang (61.5%), pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang belum mampu mencapai KKM sebanyak 9 orang (35%) dan peserta didik yang sudah mampu mencapai KKM sebanyak 17 orang (65%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan seluruh peserta didik sebanyak 26 orang (100%) sudah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Berdasarkan data di atas, menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang didengar dan dibaca pada peserta didik kelas VII MTs Al-Hasanah 3 Cipari Pancatengah tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:56 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 04:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6227 |
Actions (login required)
View Item |