ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SENTANA KABUPATEN CIAMIS

Yuliani, Windi (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SENTANA KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

ABSTRAK Windi Yuliani, 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Pada UMKM Sentana Kabupaten Ciamis”. Sebuah perusahaan diharapkan mampu memasarkan produknya secara menyeluruh, dalam perjalanannya perusahaan sering kali dihadapkan dalam berbagai kendala meskipun perusahaan itu telah lama berdiri atau mempunyai nama yang sudah baik dimata masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menurunnya volume penjualan pada UMKM Sentana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan UMKM Sentana menggunakan teori strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting dan Positioning). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer hasil dari wawancara dengan pemilik usaha, mitra dan konsumen, serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang dimiliki perusahaan sebagai pelengkap untuk sumber data primer. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa UMKM Sentana sudah menggunakan strategi inti pemasaran (segmenting, targeting dan positioning). Akan tetapi strategi inti pemasaran yang dilakukan belum optimal. Karena UMKM Sentana belum menerima target pasar kemitraan diluar pulau Jawa dikarenakan adanya kendala dalam pengiriman barang yang tidak tahan lama diperjalanan. Selain itu, belum ada peningkatan pada volume penjualan. Sementara dalam memposisikan produk, strategi dari sentana sudah baik dalam hal promosi dan tagline. Strategi pemasaran yang digunakan oleh UMKM Sentana belum maksimal sehingga diperlukan strategi pemasaran yang fokus pada peningkatan volume penjualan dan strategi agar dapat menerima kemitraan diluar pulau Jawa untuk memperluas pasar. Kata kunci : Strategi Pemasaran, UMKM, STP (Segmentasi, Target Pasar, Posisi Pasar).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:42
Last Modified: 04 Jul 2022 04:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item View Item