MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta DidikKelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Muqinulhaq, Rifqi (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta DidikKelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (201kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan, lembar pernyataan, kata pengantar, abstrak.pdf

Download (306kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (321kB)
[img] Text
4. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (420kB)
[img] Text
5. BAB II Landasan Teori.pdf

Download (563kB)
[img] Text
6. BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (387kB)
[img] Text
7. BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Menganalisis teks eksplanasi dan memproduksi teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas XI SMA/SMK/MA/Sederajat berdasarkan Kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Circuit Learning meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 3 MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Pada siklus I pertemuan pertama KD 3.4 menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi , terdapat 10 peserta didik (37,03%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan terdapat 17 peserta didik (62,96%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pertemuan kedua KD 4.4 memproduksi teks eksplanasi, terdapat 23 peserta didik (85,18%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan terdapat 4 peserta didik (14,81%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kemudian pada siklus II pertemuan pertama dengan KD 3.4 menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi dan 4.4 memproduksi teks eksplanasi, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan adalah 78. Dengan demikian terlihat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:47
Last Modified: 01 Jul 2022 03:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item