RANITIA, JIHAN AGUSTIN (2021) EXPLORING THE BENEFITS OF PEER FEEDBACK AS A REFLECTION PLATFORM FOR A STUDENT-TEACHER IN EFL TEACHING PRACTICUM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1-COVER.pdf Download (116kB) |
|
Text
4-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
2-APPROVAL SHEET.pdf Download (446kB) |
|
Text
11-TABLE OF CONTENTS.pdf Download (37kB) |
|
Text
12-CHAPTER 1.pdf Download (100kB) |
|
Text
13-CHAPTER 2.pdf Download (106kB) |
|
Text
14-CHAPTER 3.pdf Download (119kB) |
|
Text
15-CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
16-CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
Text
17-REFERENCES.pdf Download (164kB) |
Abstract
ABSTRAK JIHAN AGUSTIN RANITIA. 2021. Exploring the Benefits of Peer Feedback as a Reflection Platform for a Student-teacher in EFL Teaching Practicum. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Umpan balik rekan saat ini sering digunakan sebagai alat untuk bertukar informasi untuk mendukung proses pembelajaran. Namun dalam ranah calon guru dalam konteks Pengenalan Lapangan Penelitian (PLP) masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki manfaat dari proses refleksi melalui umpan balik rekan yang dialami oleh calon guru selama program PLP. Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap refleksi melalui umpan balik rekan selama program PLP. Pengumpulan data dilakukan melalui refleksi peneliti yang ditulis berdasarkan rekaman audio dari umpan balik lisan rekan yang diberikan oleh rekan peneliti dan dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga manfaat utama menggunakan umpan balik rekan sebagai refleksi, yaitu: melatih kepribadian calon guru, memperbaiki manajemen kelas, dan membangun pengembangan profesional guru. Oleh karena itu, refleksi melalui umpan balik rekan sangat berguna bagi peneliti sebagai proses pengajaran di masa depan dan dapat menggali perspektif yang berbeda dari diri peneliti sebagai calon guru, membantu peneliti mengembangkan diri sebagai guru, membantu peneliti menyadari kekuatan dan kelemahan peneliti sendiri, serta mempertimbangkan kegiatan belajar mengajar yang efektif. Pada akhirnya, kontribusi dari penelitian ini adalah untuk memfasilitasi pengembangan calon guru mengenai refleksi mereka melalui umpan balik rekan sebagai sarana untuk membangun pengembangan profesional mereka. Kata kunci: PLP, Calon Guru, Umpan balik rekan, Refleksi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6198 |
Actions (login required)
View Item |