PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IIS MAN SE-KOTA TASIKMALAYA

YULIANA DEWI, ASTI (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IIS MAN SE-KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (130kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV hal.1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, siswa akan berhasil dalam belajar apabila dalam dirinya ada keinginan dan dorongan untuk belajar, dimana dorongannya merupakan motivasi belajar. Tinggi rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kepemimpinan guru dan kemampuan berkomunikasi guru. Kenyataannya masih terdapat siswa yang motivasi belajarnya kurang pada mata pelajaran ekonomi yang diperkirakan dipengaruhi oleh kepemimpinan guru dan kemampuan berkomunikasi guru. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan guru dan kemampuan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan survey eksplanatori, dengan alat penelitian berupa kuesioner. Adapun Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS MAN Se-Kota T asikmalaya yang berjumlah 355 orang. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 188 orang. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Ŷ = 8,165 + 0,492X1 + 0,372X2.. Untuk mengukur besarnya persentase pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y digunakan uji determinasi (R2). Hasil R2 adalah 37,4%, berarti bahwa pengaruh kepemimpinan guru dan kemampuan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar sebesar 37,4%, sedangkan sisanya sebesar 62,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Secara simultan (Uji F) diperoleh Fhitung 56,795 > Ftabel 3,04, sehingga Ha diterima. Adapun secara parsial (Uji t) kepemimpinan guru (X1) diperoleh thitung 6,141 > ttabel 1,973 sehingga Ha diterima, variabel kemampuan berkomunikasi guru diperoleh thitung 3.368 > ttabel 1,973 sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan guru dan kemampuan berkomunikasi guru berpengaruh terhadap motivasi belajar baik secara simultan maupun parsial. Kata Kunci: Kepemimpinan Guru, Kemampuan Berkomunikasi Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:42
Last Modified: 28 Aug 2019 04:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item