PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Anggraeni, Anggi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
001 cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
003 ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
002kata pengantar, daftar isi dll.pdf

Download (300kB)
[img] Text
004 BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
005 BAB 2,3.pdf

Download (553kB)
[img] Text
006 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
007 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
008 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dan yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 peserta didik, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana terdapat 69 peserta didik yang terbagi ke dalam kelas eksperimen kelas X IPS 2 yang berjumlah 35 peserta didik dan kelas kontrol kelas X IPS 1 sebanyak 34 peserta didik. Hasil perhitungan hipotesis pertama diperoleh nilai sebesar 0,000 artinya ditolak, untuk uji hipotesis kedua diperoleh nilai 0,000 artinya ditolak, dan hipotesis ketiga diperoleh nilai 0,017 artinya ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir yang digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, terbukti rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 86,63 lebih besar dari post-test kelas kontrol sebesar 81,18. Hal ini menunjukan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Kata Kunci : Kooperatif, Student, Facilitator, Explaining, Pemahaman, Konsep

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:36
Last Modified: 28 Aug 2019 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item