Anggreani, Siska Lilik (2021) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu Daarul Faalah Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (23kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (109kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (505kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (278kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
Abstract
ABSTRAK Siska Lilik Anggreani. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Dan Menyajikan Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Model Pembalajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu Daarul Faalah Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII terdapat pada kompetensi dasar 3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca dan 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan. Akan tetapi dalam kenyataannya di kelas VIII B SMP Islam Terpadu Daarul Faalah Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 peserta didik masih belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 76, maka dari itu dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembalajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII B SMP Islam Terpadu Daarul Faalah Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan menggunakan teknik penelitian berupa teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi, mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi, dan seterusnya sampai tercapai hasil belajar yang diharapkan. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pada siklus pertama dalam aspek pengetahuan terdapat 8 peserta didik (33%) mencapai KKM dan sebanyak 16 peserta didik (67%) yang belum mampu mencapai KKM. Pada aspek keterampilan 10 peserta didik (42%) yang mencapai KKM dan 14 peserta didik (58%) yang belum mampu mencapai KKM. Siklus kedua baik aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik (100%) telah mencapai nilai KKM, yaitu 76. Hal ini menyatakan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan teks ekposisi pada peserta didik kelas VIII B SMP Islam Terpadu Daarul Faalah Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Kata kunci : Kurikulum 2013 Revisi, Teks Eksposisi, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:33 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6109 |
Actions (login required)
View Item |