Hidayat, Muhammad Taufik (2022) ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL “KAMI (BUKAN) SARJANA KERTAS” KARYA J.S. KHAIREN MENGGUNAKAN KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK (Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Kelas XII). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (70kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text
LEMBAR PENGASAHAN.pdf Download (55kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (92kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (134kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Taufik Hidayat, 2022. Analisis Unsur Intrinsik dan Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S. Khairen Menggunakan Kajian Strukturalisme Genetik sebagai Alternatif Bahan Ajar di Kelas XII. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pembelajaran novel merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa kelas XII yaitu pada KD 3.8. dan KD 3.9 Melalui wawancara yang telah dilakukan oleh penulis dalam mencari data, penulis menemukan permasalahan yang berkaitan dengan bahan ajar novel yaitu kurangnya sumber untuk bahan ajar yang sesuai dan mampu menarik minat baca siswa. Bahan ajar novel jumlahnya terbatas, sering kali terbitan lama sehingga tidak begitu relevan dengan latar belakang siswa yang bisa berimbas pada minat baca siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya unsur-unsur dalam novel “Kami (Bukan) Sarjana Kertas” karya J.S. Khairen digunakan sebagai bahan ajar sastra di kelas XII. Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitia ini adalah teknik wawancara. Hasil penelitian terkait novel “Kami (Bukan) Sarjana Kertas” yang divalidasi oleh para validator menunjukan bahwa novel tersebut secara struktural sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan berdasarkan ketentan bahan ajar sastra, bahasa yang mudah dipahami, latar belakang budaya yang sesuai, novel karya J.S. Khairen tersebut dapat diterima sebagai alternatif bahan ajar novel di kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:33 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6107 |
Actions (login required)
View Item |