EFEKTIVITAS SALURAN DISTRIBUSI DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI CV. SUKAHIJAB

Nurrahmi, Shilmi Khalida (2021) EFEKTIVITAS SALURAN DISTRIBUSI DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI CV. SUKAHIJAB. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Shilmi KN_171002026_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Distribusi merupakan kegiatan penyampaian barang dari produsen hingga sampai ke konsumen. dalam kegiatan distribusi terdapat perantara yang disebut dengan saluran distribusi. Saluran distribusi yang tepat dapat meningkatkan volume penjualan. Namun dalam pelaksanaan penjualan terdapat penyimpangan antara target penjualan dengan realisasi penjualan. Keberhasilan usaha penjualan dapat dilihat dari volume penjualan yang didapat. Untuk mengukur sebuah pencapaian suatu perusahaan dapat diukur dengan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bersifat menjelaskan tentang peristiwa melalui peringkasan data secara jelas kemudian dianalisis sehingga pada akhirnya menghasilkan kesimpulan. Data-data yang dikumpulkan melalui data primer yaitu data yang didapat langsung dari sumbernya dan data sekunder yaitu data yang dikumpulkan dengan menggunakan sumber data tambahan yaitu dokumen baik dalam bentuk tertulis maupun foto sebagai pendukung untuk penguat data. Volume penjualan di CV. Sukahijab sangat bergantung pada saluran distribusi yang digunakan. Saluran distribusi di CV. Sukahijab menggunakan saluran distribusi tidak langsung yaitu melalui perantara yang terdiri dari distributor, agen, dan reseller. Keaktifan penjualan pada perantara dalam peningkatan volume penjualan sangat penting. Dalam pengukuran efektivitas saluran distribusi perusahaan, selalu memenuhi kecukupan jumlah permintaan konsumen, waktu pengiriman yang tepat, dan selalu memenuhi kelengkapan item produk sesuai dengan permintaan konsumen. Jadi hasil analisis dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi yang digunakan di CV. Sukahijab berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat dari beberapa pengukuran efektivitas saluran distribusi yaitu kecukupan jumlah, waktu pengiriman, dan kelengkapan item produk yang sesuai dengan harapan produsen dan konsumen. Kata Kunci : Distribusi, Saluran Distribusi, Efektivitas Saluran Distribusi, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:21
Last Modified: 23 Jun 2022 04:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item