Hidayat, Sefri (2022) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS (Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (127kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (243kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (482kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Sefri Hidayat, 2022. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi dan Menulis Teks Prosedur Kompleks (Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi dan menulis teks prosedur kompleks merupakan kompetemsi yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun, terdapat permasalahan dalam penerapan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa kurang maksimal dalam menerima pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, penulis memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode Demonstrasi dalam pembelajaran teks prosedur kompleks. Metode demonstrasi dipilih karena memiliki kelebhan dapat membuat pengajaran menjadi lebih jelas dan konkret, siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari, proses pengajaran lebih menarik, serta siswa dirancang aktif dalam pembelajaran. Berpengaruhkan metode demonstrasi terhadap kemampuan mengidentifikasi dan menulis teks prosedur kompleks menjadi rumusan masalah penelitian ini. Agar tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan mengidentifikasi dan menulis teks prosedur kompleks tercapai, maka digunakan metode penelitian. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji wilcoxon karena berdasarkan uji normalitas, kedua data berdistribusi tidak normal. Hasil perhitungan data pascates dalam pembelajaran menunjukkan bahwa metode Demonstrasi lebih baik dari metode diskusi sebagai pembanding di kelas kontrol. Dengan demikian, metode Demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap pembelajaran mengidentifikasi dan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:21 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6088 |
Actions (login required)
View Item |