PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM HANDLING COMPLAINT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk UNIT WANARAJA KANTOR CABANG GARUT

Herdiansyah, Riyan (2022) PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM HANDLING COMPLAINT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk UNIT WANARAJA KANTOR CABANG GARUT. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (616kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM HANDLING COMPLAINT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) TBK UNIT WANARAJA KANTOR CABANG GARUT Oleh: Riyan Herdiansyah NPM. 193404026 Pembimbing I : Andri Helmi Munawar S.E., M.M. Pembimbing II : Dedeh Sri Sudaryanti S.E., M.Si Penelitian bertujuan untuk mengetahui Customer Service Dalam Handling Complaint Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit Wanaraja Kantor Cabang Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data in dept interview, observasi langsung dan tinjauan pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, peranan customer service dalam handling complaint untuk meningkatkan kepuasan nasabah sangat penting karena kedudukan customer service bukan hanya melakukan handling complaint tetapi memberikan juga pelayanan kepada nasabah dengan sebaik mungkin agar keluhan yang diajukan dapat diatasi langsung tanpa dinaikan ke pusat. Customer service memberikan pelayanan dengan maksimal untuk mendapatkan kepuasan dari nasabah dan kendala yang dialami oleh customer service dapat diatasi dengan baik. Hasil penelitian menunjukan setiap nasabah tidak pernah mengajukan keluhan dengan masalah yang sama artinya pelayanan yang diberikan customer service memberikan kepuasan kepada nasabah. Setiap keluhan yang diajukan nasabah dapat diatasi oleh customer service dengan memberikan solusi atau problem solving terbaik. Ini menunjukan bahwa customer service Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Garut Unit Wanaraja sangat kompeten dalam penanganan setiap keluhan yang diajukan nasabah. Kata kunci: Customer Service, Handling Complaint, Nasabah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:54
Last Modified: 23 Jun 2022 00:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item