PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018)

MAWARNI, RISKA YUNIARTI (2022) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (807kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

ABSTRAK Riska Yuniarti Mawarni. 2022. Skripsi. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Hasil Belajar (Survei pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Rendra Gumilar, M.Pd. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari disiplin belajar terhadap motivasi belajar serta implikasinya terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode survei dengan desain eksplanatori. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018 dengan jumlah 111 mahasiswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner/angket dan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari disiplin belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai t hitung sebesar 9,079 dan nilai signifikansi 0,000. 2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan nilai t hitung sebesar 6,458 dan nilai signifikansi 0,000. 3) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai t hitung sebesar 8,453 dan nilai signifikansi 0,000. 4) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari disiplin belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai t hitung ˃ t tabel (7,867 ˃ 1,98). Simpulan dari penelitian yaitu secara langsung disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Kata Kunci : Disiplin, Motivasi, Hasil

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:50
Last Modified: 15 Jun 2022 01:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5963

Actions (login required)

View Item View Item