PENGARUH PROMOSI, LOKASI, FASILITAS ATM CENTRE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Rancah, Kabupaten Ciamis)

Nurul Khomisah, Enung (2019) PENGARUH PROMOSI, LOKASI, FASILITAS ATM CENTRE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Rancah, Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ENUNG S.E.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keputusan nasabah untuk menabung merupakan efek terakhir dari kegiatan menilai serta memilih salah satu produk atau jasa yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan nasabah diantara alternatif-alternatif yang tersedia. Keputusan nasabah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kegiatan promosi yang dilakukan bank syariah kepada masyarakat luas dengan memperkenalkan produk, jasa layanan serta memberitahukan lokasi juga fasilitas lain seperti ketersediaannya ATM centre serta faktor lain yaitu literasi keuangan, dengan literasi keuangan nasbah akan mengetahui dan memahami mengenai cara mengatur keuangan yang baik yang kemudian berdampak pada kepercayaan untuk menggunakan jasa layanan lembaga keuangan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 88 responden nasabah tabungan Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Rancah. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan kuesioner (angket). Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknis analisis data menggunakan deskriptif data dan uji hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi sederhana dan berganda, diterminasi, uji t dan uji F serta regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan persamaan regresi Y = 38,751 + 0,289X1 dengan nilai r sebesar 0,260, nilai koefisien diterminasi sebesar 0,067 dan nilai uji t sebesar 2,495; 2) Lokasi berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan persamaan regresi Y = 30,050 + 0,480X2 dengan nilai r sebesar 0,391, nilai koefisien diterminasi sebesar 0,153 dan nilai uji t sebesar 3,939; 3) Fasilitas ATM centre berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan persamaan regresi Y = 34,857 + 0,436X3 dengan nilai r sebesar 0,345, nilai koefisien diterminasi sebesar 0,119 dan nilai uji t sebesar 3,412; 4) Lierasi keuangan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan persamaan regresi Y = 35,943 + 0,488X4 dengan nilai r sebesar 0,251, nilai koefisien diterminasi sebesar 0,063 dan nilai uji t sebesar 2410; 5) Promosi, lokasi, fasilitas ATM centre dan literasi keuangan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan persamaan regresi Y = 18,083 + 0,033X1 + 0,434X2 + 0,082X3 + 0,390X4 dengan nilai r sebesar 0,212, nilai koefisien diterminasi sebesar 0,194 dan nilai uji F sebesar 4,894 ɑ 0,05. Maka Promosi, lokasi, fasilitas ATM centre dan literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah baik secara parsial maupun simultan sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Promosi, Lokasi, Fasilitas ATM Centre, Literasi Keuangan dan Keputusan Nasabah, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:22
Last Modified: 27 Aug 2019 07:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item