UMMAH, NIDA CHAIRUL (2022) PENGARUH BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BEBAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang Tahun ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.docx.pdf Download (48kB) |
|
Text
4. Abstrak.docx.pdf Download (199kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.docx.pdf Download (7kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.docx.pdf Download (14kB) |
|
Text
11. BAB 1.docx.pdf Download (140kB) |
|
Text
12. BAB 2.docx.pdf Download (247kB) |
|
Text
13. BAB 3.docx.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB 4.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
|
Text
15. BAB 5.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.docx.pdf Download (232kB) |
Abstract
ABSTRAK NIDA CHAIRUL UMMAH. 2021. PENGARUH BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BEBAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang Tahun ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended problem based learning berbasis google classroom terhadap beban kognitif peserta didik di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan menggunakan postest-only control design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA sebanyak 61 orang. Sampel diambil dengan teknik sampling total sehingga seluruh populasi dijadikan sampel, sedangkan untuk penentuan perlakuan pada sampel digunakan teknik cluster random sampling. Kelas X MIPA 1 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner beban kognitif dengan jumlah 28 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji tindependent. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh blended problem based learning berbasis google classroom terhadap beban kognitif dengan nilai signifikansi 0,013. Beban kognitif peserta didik menunjukkan rata-rata skor sebesar 3,233 dengan kategori beban kognitif rendah. Kata Kunci : Beban Kognitif; Blended Problem Based Learning Berbasis Google Classroom; Eksperimen; Kontrol
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:15 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5924 |
Actions (login required)
View Item |