RAHMAWATY, IMA (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI (Ima Rahmawaty) Bismillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK IMA RAHMAWATY. 2021. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal berpikir kritis matematis ditinjau dari habits of mind. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes berpikir kritis matematis, angket habits of mind, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yakni soal tes berpikir kritis matematis, lembar angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Subjek pada penelitian ini sebanyak 7 peserta didik yang merupakan gabungan dari kelas VIII-H, VIII-I, VIII-J, dan VIII-K di SMP Negeri 9 Tasikmalaya. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan pertimbangan peserta didik yang banyak melakukan kesalahan menurut kriteria Watson pada materi Bangun Ruang Sisi Datar serta memenuhi Habits Of Mind. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa S9 melakukan kesalahan pada data tidak tepat, prosedur tidak tepat, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas, selanjutnya untuk S28 melakukan kesalahan pada data tidak tepat, data hilang, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas, S9 dan S28 merupakan subjek dengan habits of mind kategori terbatas (limited). Selanjutnya untuk S33 melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal berpikir kritis pada kriteria data tidak tepat, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas, dan untuk S35 melakukan kesalahan pada data tidak tepat, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, dan selain ketujuh kategori di atas, S33 dan S35 merupakan subjek dengan habits of mind kategori pengembangan (develoving). Kemudian untuk S46 melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal berpikir kritis matematis pada kategori data tidak tepat, kesimpulan hilang, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas, dan S46 merupakan subjek dengan habits of mind kategori pemula (no concept). Selanjutnya untuk S60 melakukan kesalahan pada saat menyelesaikan soal berpikir kritis matematis data tidak tepat, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas, lalu untuk S65 melakukan kesalahan pada data tidak tepat, prosedur tidak tepat, masalah hierarki keterampila dan selain ketujuh kategori di atas, S60 dan S65 merupakan subjek dengan habits of mind kategori mahir (proficient). Kata kunci: analisis, kesalahan, berpikir kritis matematis, habits of mind.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 08:45 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 08:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5892 |
Actions (login required)
View Item |