Yuliani, Yuli (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI SERTA MEMPRODUKSI TEKS EK SPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (55kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (287kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (285kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
Abstract
ABSTRAK Yuli Yuliani. 2016. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi serta Memproduksi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020) Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas XI SMA adalah menganalisis struktur dan kebahasaan dan memproduksi teks eksplanasi. Sekalipun demikian, peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Cihaurbeuti masih banyak yang belum mencapai KKB. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian berupa pembelajaran menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi dengan menggunakan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplansi serta memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran menganalis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada siklus I, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 17 orang (53%), sedangkan peserta didik yang mencapai nilai KKB sebanyak 15 orang (47%). Pada siklus kedua semua peserta didik yang berjumlah 32 (100%) telah mencapai nilai KKB. Hasil pembelajaran memproduksi teks eksplanasi menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 14 orang (44%), sedangkan peserta didik yang mencapai nilai KKB sebanyak 18 orang (56%) dan pada siklus II semua peserta didik yang berjumlah 32 (100%) telah mencapai nilai KKB. Hasil Uji Wilcoxon, baik pada uji beda hasil pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada siklus kesatu dan siklus kedua maupun pada uji beda data memproduksi teks eksplanasi pada siklus kesatu dengan siklus kedua menunjukkan bahwa Whitung (0) < Wtabel (0,01) (126,25). Hal ini menunjukkan pula bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data pada siklus kesatu dengan data pada siklus kedua. Artinya hipotesis penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: model pembelajaran Discovery Learning, teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 00:53 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 00:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5860 |
Actions (login required)
View Item |