Maryamah, Enok (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA RANGKAIAN KEGIATAN KE DALAM BENTUK TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (6kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (231kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (191kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
ABSTRAK Enok Maryamah, 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Data Rangkaian Kegiatan ke dalam Bentuk Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi, menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP/MTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan nilai yang penulis laksanakan diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar (kemampuan peserta didik) dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu pertemuan pertama untuk KD 3.6 terdapat 25 (74%) peserta didik yang sudah mencapai KKB terdapat 9 (26%) peserta didik yang belum mencapai KKB. Pada pertemuan kedua untuk KD 4.6 terdapat 24 (71%) peserta didik yang sudah mencapai KKB dan terdapat 10 (29%) peserta didik yang belum mencapai KKB. Pada siklus kedua pertemuan pertama, untuk KD 3.6 seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKB dan pada pertemuan kedua untuk KD 4.6 seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Kriteria Kemampuan Belajar (KKB) yang telah ditentukan dari sekolah yaitu 75. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 31 May 2022 07:57 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5848 |
Actions (login required)
View Item |