ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG

KUSNANDAR, RIZAL (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi - rizal kusnandar - 122151206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK RIZAL KUSNANDAR. 122151206. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan Polya pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini sebanyak 32 peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 4 Banjar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode tes dan wawancara. Instrumen tes terdiri dari 3 soal yang merupakan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik kategori tinggi (ST) sangat baik, peserta didik kategori sedang (SS) melakukan kesalahan dalam menyusun rencana dan tidak memeriksa kembali jawaban dengan alternatif lain, serta peserta didik kategori rendah (SR) masih kurang karena dinilai belum menguasai materi, bisa dilihat dari hasil tes dan wawancara bahwa SR masih kebingungan dalam menyusun rencana dan menyelesaikan masalah pada soal. Tahap yang membuat peserta didik tidak mampu menyelesaikan masalah dengan benar yaitu menyusun rencana. SS keliru dalam menyusun rencana dan SR tidak melakukan perencanaan sama sekali. Kata kunci: pemecahan masalah matematik, Polya, bangun ruang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 May 2022 08:00
Last Modified: 23 May 2022 08:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5804

Actions (login required)

View Item View Item