Prianti, Pina (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (177kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (195kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (118kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (233kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (151kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (34kB) |
Abstract
ABSTRAK Pina Prianti, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menelaah dan Menulis Teks Deskripsi. (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menelaah dan menulis teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 Revisi. Namun pada kenyataannya, peserta didik kelas VII di MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021dalam menelaah dan menulis teks deskripsi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 8 orang (24%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 25 orang (76%). Pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 12 orang (36%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 21 orang (64%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 33 orang berhasil mencapai KKM (100%). Hasil uji normalitas data nilai menelaah dan menulis teks deskripsi pada siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan dalam menelaah dan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 23 May 2022 06:42 |
Last Modified: | 23 May 2022 06:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5800 |
Actions (login required)
View Item |