Dewi, Widiani Astuti (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR SERTA MENYAJIKAN GAGASAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
Abstract
ABSTRAK Widiani Astuti Dewi. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Isi dan Struktur serta Menyajikan Gagasan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 dalam Kurikulum 2013 revisi satu kompetensi dasar dari komponen inti yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP salah satunya yaitu kompetensi dasar 3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah), serta kompetensi dasar 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan kemampuan menelaah isi dan struktur serta menyajikan gagasan teks eksposisi pada kelas VIII SMP Negeri 3 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat terbukti kebenarannya dengan melihat hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah isi dan struktur teks eksposisi sebanyak 17 orang peserta didik (59%) yang belum mencapai KKB dan 12 peserta didik (41%) yang sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran menelaah isi dan struktur teks eksposisi hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik 29 orang (100%) telah mencapai KKB. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran menyajikan gagasan teks eksposisi terdapat 19 orang peserta didik (66%) yang belum mencapai KKB, sedangkan 10 peserta didik (34%) yang sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran menyajikan gagasan teks eksposisi hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik 29 orang (100%) telah mencapai KKB. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa W(hitung) (0) < W(tabel) 213,43 dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah isi dan struktur serta menyajikan gagasan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 23 May 2022 06:09 |
Last Modified: | 23 May 2022 06:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |