PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGEMBANGKAN TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAIT-TQ IHYA AS-SUNNAH TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMAIT-TQ Ihya As-Sunnah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Izzudin, Wafi (2020) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGEMBANGKAN TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAIT-TQ IHYA AS-SUNNAH TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMAIT-TQ Ihya As-Sunnah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN, LEM.PERNYATAAN, ABSTRAK, KP.pdf

Download (484kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
4 DAFTAR TABEL.pdf

Download (78kB)
[img] Text
5 DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (183kB)
[img] Text
6 DAFTAR LAMPIRAN halaman.pdf

Download (298kB)
[img] Text
7 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
8 BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
9 BAB III METODOLOGI PENELITIAN (Autosaved).pdf

Download (546kB)
[img] Text
10 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN WAFI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Menganalisis struktur, isi, dan kebahasaan teks eksposisi serta mengembangkan teks eksposisi dengan memperhatikan struktur, isi, dan kebahasaan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas X. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum tersebut, guru harus memberikan pembelajaran yang efektif, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan pengaruh model Quantum Learning dalam pembelajaran menganalisis struktur, isi, dan kebahasaan teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMAIT-TQ Ihya As-Sunnah Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020, (2) memaparkan pengaruh model Quantum Learning dalam pembelajaran mengembangkan teks eksposisi dengan memperhatikan struktur, isi, dan kebahasaan teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMAIT-TQ Ihya As-Sunnah Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpuan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas X SMAIT-TQ Ihya As-Sunnah Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata postest di kelas eksperimen yang menggunakan model Quantum Learning yaitu kelas X Bahasa 2 pada KD 3.3 mencapai nilai 93,5 dan KD 4.3 mencapai nilai 72,3. Sedangkan untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan model Quantum Learning yaitu kelas X Bahasa 1 pada KD 3.3 mencapai nilai 75,5 dan KD 4.3 mencapai nilai 69,9. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa W-hitung = 0 < W-tabel = 107,27 dalam taraf signifikansi 0,05. Artinya model pembelajaran Quantum Learning berpengaruh dalam pembelajaran menganalisis struktur, isi, dan kebahasaan teks eksposisi serta mengembangkan teks eksposisi dengan memperhatikan struktur, isi, dan kebahasaannya pada peserta didik kelas X SMAIT-TQ Ihya As-Sunnah Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 May 2022 02:35
Last Modified: 23 May 2022 02:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5789

Actions (login required)

View Item View Item