Fuadah, Lilis Samrotul (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 1 Bantarkalong Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (480kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (625kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (628kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (276kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (814kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) |
Abstract
ABSTRAK Lilis Samrotul Fuadah, 2019, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Persuasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 1 Bantarkalong Tahun Ajaran 2018/2019), Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu teks yang harus dipelajari peserta didik adalah teks persuasi. Secara tersurat dalam kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasi oleh peserta didik kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bantarkalong tahun ajaran 2018/2019 dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan isi dari teks persuasi yang dibaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah berupa observasi, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), pedoman observasi, pedoman wawancara, dan instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan rata-rata pretest dan postest kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kemampuan mengidentifikasi teks persuasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 55 sedangkan nilai ratarata postest kemampuan mengidentifikasi di kelas eksperimen sebesar 89,2 dan di kelas kontrol 86,5 sehingga terdapat perbedaan sebesar 2,7. Nilai rata-rata pretest kemampuan menyimpulkan isi teks persuasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 54 sedangkan nilai rata-rata postest kemampuan menyimpulkan isi teks persuasi di kelas eksperimen sebesar 92 dan di kelas kontrol 80,5 ternyata terdapat perbedaan sebesar 11,5. Berdasarkan uji wilcoxon, nilai W (hitung) = 0 < W (tabel) (0,01) = 107,27. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi. Artinya, hipotesis penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bantarkalong Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019 dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi, berterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 23 May 2022 02:16 |
Last Modified: | 23 May 2022 02:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5787 |
Actions (login required)
View Item |