SEPTIANA, GILANG (2020) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA KELOM GEULIS SHENY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Gilang Septiana (1510002058), Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Kelom Geulis Sheny, Skripsi, Tasikmalaya : Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi Tasikmalaya, 2019. Persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis telah merambah ke semua sektor usaha (bisnis) baik perusahaan besar maupun UKM, sehingga kompetisi yang ada antara perusahaan semakin ketat. Salah satu UKM yang bergerak dibidang kerajinan yaitu UKM kerajinan kelom geulis Sheny juga tidak lepas dari persaingan tersebut. Dengan banyaknya produk-produk luar yang masuk ke indonesia seperti produk sendal dan sepatu maka UKM kerajinan kelom geulis harus merumuskan strategi pemasaran yang baru karena UKM kerajinan kelom Geulis Sheny tidak hanya bersaing dengan produk luar saja melainkan dengan produk-produk sejenis yang ada di Tasikmalaya. Salah satu strategi yang bisa di terapkan yaitu strategi bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan satu dari sekian strategi bisnis yang telah dikembangkan dalam pemasaran dan dipusatkan pada keempat komponen kunci yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang tepat bagi toko kelom geulis Sheny dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran dan menguraikan data secara sistematik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk membantu pengumpulan data, maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi dan metode wawancara. Alat analisis data pada penelitian ini adalah analisa data deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran belum di implementasikan oleh UKM kelom geulis Sheny. Dari hasil analisis IFAS yang di lakukan penulis terdapat tiga faktor kekuatan yaitu produk, tempat, dan bahan baku yang berjumlah 3,6 dan empat faktor kelemahan yaitu harga, promosi, informasi pasar, dan saluran distribusi yang berjumlah 5,7, yang artinya kelemahan perusahaan lebih besar dari kekuatannya yaitu 3,6-5,7 = -2,1. Dari hasil perhitungan analisis IFAS yang dituangkan pada diagram cartesius posisi perusahaan saat ini berada pada kuadran III yaitu strategi devensif dimana perusahaan harus mempertahankan keunggulan yang dimiliki dan perlahan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada agar mampu bertahan dan berkembang menghadapi ketatnya persaingan usaha ini. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran pemasaran, Analisi IFAS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 18 May 2022 04:50 |
Last Modified: | 18 May 2022 04:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5750 |
Actions (login required)
View Item |