WISSUGANDI, BINTANG EKAPUTRI (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP BIOPROSES DALAM SEL (Studi Korelasi di Kelas XI MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01.COVER.pdf Download (190kB) |
|
Text
02.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (180kB) |
|
Text
03.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (290kB) |
|
Text
04.ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (283kB) |
|
Text
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (286kB) |
|
Text
06.UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (372kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
08.DAFTAR TABEL.pdf Download (181kB) |
|
Text
09.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (181kB) |
|
Text
10.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (642kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (537kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
Abstract
ABSTRAK BINTANG EKAPUTRI WISSUGANDI. 2020. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kecemasan Berkomunikasi Peserta Didik pada Sub Konsep Bioproses dalam Sel (Studi Korelasi di Kelas XI MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kecemasan berkomunikasi peserta didik di kelas XI MAN 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan september 2018 sampai Januari 2020 di Kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 MAN 1 Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel 63 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode penelitian ini adalah metode penelitian korelasi dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik, sedangkan non tes untuk mengukur kecemasan berkomunikasi peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian sebanyak 14 soal. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur kecemasan berkomunikasi adalah kuesioner tertutup sebanyak 18 soal. Pada penelitian ini dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas regresi, dan melakukan uji hipotesis dengan Pearson r untuk mencari koefisien korelasi. Berdasarkan uji korelasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kecemasan berkomunikasi peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,329. Berdasarkan nilai koefisien korelasi (r) yang diperoleh, terdapat hubungan negatif antara kemampuan berpikir kritis dengan kecemasan berkomunikasi peserta didik di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 MAN 1 Kota Tasikmalaya. Hubungan negatif berarti jika nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik naik maka nilai kecemasan berkomunikasi peserta didik akan turun. Kata kunci : Korelasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Kecemasan Berkomunikasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 11 May 2022 04:25 |
Last Modified: | 11 May 2022 04:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5710 |
Actions (login required)
View Item |