PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN SERTA MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tahun ajaran 2019/2020)

Damayanti, Eka (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN SERTA MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tahun ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi eka damayanti FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Eka Damayanti. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Unsur-unsur Pembangun serta Makna Teks Puisi dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated, Reading, And Composition (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Rancah Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi unsur pembangun dan menyimpulkan unsur pembangun serta makna teks puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013. Kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Rancah Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020 yang belum menguasai kompetensi dasar tersebut. Karena itulah penulis melakukan penelitian pembelajaran kompetensi dasar tersebut dengan menggunakan model Cooperative Integrated, Reading, And Composition. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model Cooperative Integrated, Reading, And Composition meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun serta makna teks puisi. Metode penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading And Composition. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes, dokumen, dan wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus I peserta didik yang tidak aktif sebanyak 7 orang (23,3%), tidak bersungguh-sungguh sebanyak 7 orang (23,3%), tidak berpartisipasi sebanyak 3 orang (10%). Pada siklus II berubah menjadi (0%). Perolehan nilai siklus I dalam aspek pengetahuan peserta didik yang memeroleh nilai di bawah KKM sebanyak 17 orang (56,6%) peserta didik yang memeroleh nilai di atas KKM sebanyak 13 orang (43,4%). Sedangkan untuk aspek keterampilan peserta didik yang memeroleh nilai di bawah KKM sebanyak 20 orang (66,6%) peserta didik yang memeroleh nilai di atas KKM sebanyak 10 orang (33,3%). Kriteria ketuntasan minimal (KKM), mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Negeri 4 Rancah untuk kelas VIII adalah 75. Pada siklus kedua baik dalam kompetensi pengetahuan maupun keterampilan semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran pembelajaran Cooperative Integrated, Reading, And Composition dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun serta makna teks puisi tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Apr 2022 06:35
Last Modified: 27 Apr 2022 06:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5653

Actions (login required)

View Item View Item