UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Lumbung Kota Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021)

Marcyka, Mesha (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Lumbung Kota Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Mesha Marcyka 17212057 SKRIPSI...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Mesha Marcyka. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menelaah Struktur dan Ciri Kebahasaan serta Menulis Teks Pidato Persuasif dengan Menggunakan Model Think Talk Write (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Lumbung Kota Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kurikulum 2013 edisi revisi memuat beberapa kompetensi dasar. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas IX yaitu kompetensi dasar 3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca, serta 4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model Think Talk Write meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan serta menulis teks pidato persuasif pada siswa kelas IX E SMPN 1 Lumbung Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap observasi, (3) tahap tindakan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek pengetahuan mengenai menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca terdapat 12 siswa (37,5%) yang belum mencapai KKM dan 20 siswa (62,5%) yang telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan mengenai menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan terdapat 13 siswa (40,6%) yang belum mencapai KKM dan 19 siswa (59,3%) yang telah mencapai KKM. Pada siklus kedua pertemuan pertama dan pertemuan kedua, kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan ciri kebahasaan serta menulis teks pidato persuasif mengalami peningkatan, seluruh siswa (100%) telah mencapai KKM yaitu 70. Dengan demikian, terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sehingga, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan serta menulis teks pidato persuasif pada siswa kelas IX E SMPN 1 Lumbung Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Apr 2022 06:03
Last Modified: 27 Apr 2022 06:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5649

Actions (login required)

View Item View Item