ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY

SRIYANTI, DETI (2019) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI DETI SRIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK DETI SRIYANTI. 2019. Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematika dalam materi bangun datar segiempat ditinjau dari self efficacy. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh adalah penyebaran angket self efficacy, pemberian tes soal kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar segiempat dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instumen utama dan instrumen bantu yaitu angket self efficacy dan tes soal kemampuan pemecahan masalah matematika, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini mencakup 3 elemen yaitu tempat : penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Fadlillah, pelaku : responden penelitian ini terdiri dari 3 peserta didik dengan kategori kecenderungan dimensi self efficacy yang berbeda, dan aktivitas : penelitian ini berfokus pada pengisian angket self efficacy peserta didik, hasil jawaban tes soal pemecahan masalah. dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik yaitu dengan tes soal kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (a) peserta didik yang cenderung pada dimensi magnitude mengalami kesulitan menerapkan prinsip karena keliru melakukan penghitungan, (b) peserta didik pada dimensi strength mengalami kesulitan prinsip karena tidak mampu menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan dan kesulitan memahami masalah verbal sehingga tidak mampu menuliskan strategi lain yang dapat digunakan sedangkan (c) peserta didik yang cenderung pada dimensi generality mengalami kesulitan menggunakan konsep karena masih keliru menyebutkan nama bangun datar dan rumus bangun datar, kesulitan menerapkan prinsip dan kesulitan memahami masalah verbal. Kata Kunci : kesulitan peserta didik, kemampuan pemecahan masalah matematika, dimensi self efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Apr 2022 05:37
Last Modified: 27 Apr 2022 05:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item