ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DI SHOWROOM ERSA MOTOR SINGAPARNA

Septiansah, Ilham (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DI SHOWROOM ERSA MOTOR SINGAPARNA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ILHAM SEPTIANSAH, S.E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ilham Septiansah. 2020. Analisis Strategi Pemasaran di Showroom Ersa Motor Singaparna: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Alat transportasi sepeda motor merupakan sebuah alat transportasi yang dapat digunakan untuk membantu kelancaran kegiatan manusia. Bagi sebagian masyarakat menganggap dan memilih bahwa sepeda motor paling efektif dan efisien baik penggunaannya maupun manfaatnya. Pemilihan dan anggapan masyarakat terhadap kendaraan ini tentu menjadi peluang bagi pelaku bisnis otomotif khususnya sepeda motor untuk melakukan sebuah jual beli produk atau jasanya. Oleh sebab itu perusahaan berlomba-lomba dalam persaingan bisnis untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat, sehingga nantinya akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh, terpadu, dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu pemasaran. Dengan Manajemen strategi yang telah ada, perusahaan harus dapat menyusun strategi-strategi pemasaran sebaik mungkin dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, salah satu strategi tersebut dapat dilakukan dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, And Threath), yaitu identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran di showroom Ersa Motor Singaparna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan objek penelitian showroom Ersa Motor dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan responden yang berkaitan dengan internal perusahaan dan eksternal perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian sebagai berikut, diagram SWOT untuk mengetahui posisi perusahaan, hasil dari rangkaian skor tersebut adalah sebagai berikut, Strength (S)=2,4, Weakness (W)=1,1, Opportunity (O)=1,79, Threat (T)=1,87, posisi perusahaan pada kuadran 2, pada posisi ini perusahaan mendukung penerapan strategi diversifikasi. Alternatif strategi yang diberikan adalah strategi S-T, dan kombinansi dari ke 4 strategi dimatriks SWOT dengan mempertimbangkan kondisi perusahaan. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:04
Last Modified: 26 Apr 2022 06:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item