PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE THREE STEP INTERVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN POKOK BAHASAN KEHIDUPAN AWAL MANUSIA INDONESIA DI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/ 2020

MASKURIN, MIFTAHUL LAELI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE THREE STEP INTERVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN POKOK BAHASAN KEHIDUPAN AWAL MANUSIA INDONESIA DI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0-COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
01-ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
04-BAB 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
05-BAB 2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
06-BAB 3.pdf

Download (443kB)
[img] Text
07-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
08-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
09-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK MIFTAHUL LAELI MASKURIN. 2020. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE THREE STEP INTERVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN POKOK BAHASAN KEHIDUPAN AWAL MANUSIA INDONESIA DI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif tipe three step interview terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah peminatan pokok bahasan kehidupan awal manusia Indonesia di kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun ajaran 2019/ 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya sebanyak 175 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan X IPS 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa, sampel ini diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa observasi dan tes hasil belajar siswa dengan soal pilihan ganda sebanyak 17 butir soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknis analisis data dilakukan menggunakan software IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe three step interview berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe three step interview sebesar 80,3 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model discovery learning sebesar 73,9. Hasil pengolahan data menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,008 < 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kolaboratif tipe three step interview terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/ 2020. Kata kunci: Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Three Step Interview, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:31
Last Modified: 25 Apr 2022 06:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item