INTROVERT AND EXTROVERT STUDENTS IN LEARNING ENGLISH: A CASE STUDY AT AN INDONESIAN UNIVERSITY

SIDIK, YANYAN IHSAN (2019) INTROVERT AND EXTROVERT STUDENTS IN LEARNING ENGLISH: A CASE STUDY AT AN INDONESIAN UNIVERSITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
THESIS YANYAN IHSAN SIDIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK YANYAN IHSAN SIDIK. 2019. Introvert and Extrovert Students in Learning English: A Case Study at an Indonesian University. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siswa introver dan siswa ekstrover dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Studi kasus digunakan dalam penelitian ini dengan sumber data seorang mahasiswa introver dan seorang mahasiswa ekstrover Tingkat III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas di Tasikmalaya yang dipilih dari hasil kuesioner mengenai kepribadian siswa. Data penelitian berupa proses pembelajaran bahasa Inggris yang direkam menggunakan perekam video. Rekaman video tersebut dianalisis secara tematik menurut teori Braun dan Clarke (2006). Hasil penelitian menunjukkan siswa ekstrover mengikuti proses pembelajaran bahasa Inggris dengan antusias, bertanggung-jawab, komunikatif dan dapat bersosialisasi dengan temannya, sementara siswa introver antusias tapi kurang komunikatif dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa Inggris. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada pengajar bahasa Inggris sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi atau metode pengajaran yang sesuai dengan kepribadian siswa. Kata Kunci : Introver, Ekstrover, Pembelajaran Bahasa Inggris, Studi Kasus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:22
Last Modified: 25 Apr 2022 03:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5596

Actions (login required)

View Item View Item