YUNIAR, VANI DWI (2020) TEACHING ENGLISH GRAMMAR IN AN INDONESIAN JUNIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI_VANIDWIYUNIAR_162122115[REVISI PASCA SIDANG 26 JAN].pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK VANI DWI YUNIAR, 2020. “TEACHING ENGLISH GRAMMAR IN AN INDONESIAN JUNIOR HIGH SCHOOL”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tata bahasa Inggris memiliki posisi penting dalam pembelajaran bahasa. Tata bahasa Inggris juga dianggap sebagai dasar dari serangkaian keterampilan bahasa; mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini menekankan pada pengajaran tata bahasa Inggris di sekolah menengah pertama di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru mengajarkan tata bahasa Inggris. Dalam upaya pengumpulan data, penelitian ini melakukan wawancara dengan peserta di salah satu SMP di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Temuan penelitian ini menemukan bahwa guru menggunakan focus on forms dan focus on form dalam pengajaran tata bahasa Inggris. Focus on forms tersebut meliputi: (1) Tata Bahasa Pengajaran Bahasa Inggris Deduktif, (2) Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris Berorientasi Skor dan (3) Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris Berorientasi Akurasi. Pendekatan lain yaitu focus on form meliputi, (1) Pembuatan Kalimat Berbasis Tugas, dan (2) Pengajaran Kontekstual Tata Bahasa Inggris. Dengan mengetahui teknik pengajaran tersebut, diharapkan para guru dapat menerapkannya pada pengajaran tata bahasa Inggris kepada siswa sekolah menengah pertama dengan lebih efektif. Kata kunci: Inggris Grammar, Mengajar Inggris Grammar, Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 02:08 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 02:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5561 |
Actions (login required)
View Item |