IMPLEMENTASI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN SELF-EFFICACY (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya)

MUHARAM, YULIANA (2018) IMPLEMENTASI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN SELF-EFFICACY (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
yuliana muharam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK YULIANA MUHARAM. 2018. Impelemntasi Model Creative Problem Solving(CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta Didik dan Hubungannya dengan Self-Efficacy (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik yang pembelajarannya menerapkan model CPS, mengetahui self-efficacy peserta didik melalui penerapan model pembelajaran CPS, dan mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematik dan self-efficacy peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran CPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan korelasional. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematik dan angket Self-Efficacy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya, dan populasi untuk penelitian ini diambil satu kelas secara acak dan terpilih kelas VIII-K sebagai kelas sampel yang berjumlah 33 orang. Pembelajaran di kelas sampel menggunakan model CPS. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t rata-rata satu pihak dan uji indepedensi dua faktor/kontingensi. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan pengujian hipotesis maka diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik dengan rata-rata nilai gain ternormalisasi yaitu 0,74 termasuk kategori tinggi, self-efficacy peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model CPS termasuk dalam kategori sedang. Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematik dan self-efficacy peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model CPS. Kata kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis Matematik, Self�Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika > Artikel Dosen Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:08
Last Modified: 22 Apr 2022 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item