Isnaeni, Aldi Rizal (2020) Students’ Learning Experiences in Foundation of Functional Grammar Class: Evidence from Indonesian EFL Context. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Aldi RI - Thesis - FIXX.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK ALDI RIZAL ISNAENI. 2020. Pengalaman Belajar Siswa dalam Mempelajari Mata Kuliah Foundation of Functional Grammar: Bukti dari Indonesia sebagai Negara dengan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Sejak kemunuculannya pada sekitar tahun 60an, Functional Grammar kini telah menjadi subjek yang dipelajari oleh akademika bahasa di berbagai belahan dunia. Bahkan, kini SFG pun dipelajari oleh mahasiswa bahasa Inggris di pelbagai universitas di Indonesia. Di Indonesia, SFG dijadikan mata kuliah dengan istilah Foundation of Functional Grammar (FFG). Kendati sudah berjalan selama tiga tahun, belum ada penelitian yang mengungkapkan bagaiamana pengalaman siswa yang mempelajari SFG khususnya di negara EFL seperti di Indonesia. Pengalaman dapat menjadi media refleksi dan evaluasi dari suatu phenomena. Maka dari itu, peneliti bermaksud menginvestigasi pengalaman belajar siswa di kelas FFG. Peneliti menggunakan studi kasus deskriptif (Yin, 2003) sebagai disain penelitian dan mengambil data dengan tehnik analisis dokumen (Bowen, 2009) dan wawancara semi-terstruktur. Kemudian, data dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006) berdasarkan tiga dimensi pengalaman (Dewey, 1962), dimensi intelektual (kognitif), dimensi emosional (afektif), dan dimensi praktikal (psikomotor). Penelitian mengungkapkan bahwa ada tujuh pengalaman belajar yang dialami siswa: (1) kesulitan; (2) ketegangan; (3) kelelahan; (4) individu; (5) kolaborasi; (6) pemahaman; (7) menyenangkan. Kesimpulannya, selama peserta didik mempelajari mata kuliah FFG, mereka mendapatkan pengalaman-pengalaman yang disebutkan di atas. Kata kunci: Systemic Functional Grammar; Foundation of Functional Grammar; pengalaman belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 05:17 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 05:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5546 |
Actions (login required)
View Item |