USING MIND MAP IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY MASTERY (An Action Research at the Fifth Grade of One of the Elementary Schools in Singaparna Tasikmalaya)

WITONO, GALIH (2017) USING MIND MAP IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY MASTERY (An Action Research at the Fifth Grade of One of the Elementary Schools in Singaparna Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Thesis - Galih Witono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK GALIH WITONO. 2017. Using Mind Map in Improving Students’ English Vocabulary Mastery (An Action Research at the Fifth Grade of One of the Elementary Schools in Singaparna Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan mind map. Penelitian dilakukan di SDN IPK Mochamad Toha Singaparna Tasikmalaya menggunakan metode penelitian tindakan. Data penelitian yaitu hasil tes siswa dan hasil observasi. Sumber data penelitian, seorang guru bahasa Inggris SDN IPK Mochamad Toha Singaparna Tasikmalaya yang bertindak sebagai observer dan 22 siswa kelas 5 SDN IPK Mochamad Toha Singaparna Tasikmalaya. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tahapan pada siklus II sama dengan tahapan-tahapan pada siklus I, namun ditambahkan beberapa perbaikan sebagai hasil refleksi siklus I. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I, terdapat beberapa kelemahan dalam proses pengajaran kosakata menggunakan mind map, di antaranya: 1) penjelasan mengenai kata atau ide utama serta hubungannya dengan kata-kata lain kurang begitu jelas dan kurang sederhana; 2) penulis hanya memberikan sedikit contoh mengenai penggunaan kata-kata yang diajarkan dalam bentuk kalimat; dan 3) hanya ada sedikit siswa yang diminta untuk melakukan instruksi tertentu, sehingga kebanyakan siswa kelihatan kurang aktif dan interaktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil tes pada siklus I, persentase siswa yang mencapai KKM (65) yaitu 77%. Hal ini menunjukkan bahwa 17 siswa telah mencapai KKM dan 5 siswa belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan beberapa perbaikan sebagai hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II, proses belajar mengajar dan sikap siswa selama proses pengajaran berlangsung lebih baik dari pada sebelumnya. Penulis menjelaskan kata atau ide utama serta hubungannya dengan kata-kata lain sejelas mungkin dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Penulis memberikan banyak contoh mengenai penggunaan kata-kata yang diajarkan dalam bentuk kalimat. Penulis meminta siswa yang kelihatan kurang aktif dan interaktif untuk melakukan instruksi tertentu, sehingga semua siswa menjadi lebih aktif dan interaktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil tes pada siklus II, semua siswa (100%) telah mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mind map sesuai untuk pengajaran kosakata bahasa Inggris khususnya mengenai family di SDN IPK Mochamad Toha Singaparna Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:49
Last Modified: 21 Apr 2022 04:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item