SILMI, APIDAH (2021) KORELASI ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER VIDAH.pdf Download (51kB) |
|
Text
3. ABSTRAK VIDAH.pdf Download (158kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN VIDAH.pdf Download (401kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (110kB) |
|
Text
6. BAB 1 VIDAH.pdf Download (116kB) |
|
Text
7. BAB 2 VIDAH.pdf Download (176kB) |
|
Text
8. BAB 3 VIDAH.pdf Download (494kB) |
|
Text
9. BAB 4 VIDAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
|
Text
10. BAB 5 VIDAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA VIDAH.pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK APIDAH SILMI 2021 KORELASI ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X MIPA SMAN 9 TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada pelajaran Biologi dikelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 4 kelas. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang diambil yaitu kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket kebiasaan belajar sebanyak 20 pertanyaan dan prestasi belajar diperoleh dari data nilai rapor. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar hal ini terbukti berdasarkan hasil uji hipotesis (korelasi pearson) bahwa nilai signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,003 dengan koefisien sebesar 0,343 artinya memiliki keeratan hubungan rendah. Kontribusi kebiasaan belajar dengan prestasi belajar adalah 11,8 % sedangkan sisanya 88,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada pelajaran biologi di kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 di SMAN 9 Kota Tasikmalaya. Kata kunci : Korelasi, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:06 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5485 |
Actions (login required)
View Item |