PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018)

Lestari, Eka Fitri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0.cover EKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3.ABSTRAK EKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN EKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI EKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
10. BAB I EKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
11. BAB II EKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
12. BAB III EKA.pdf

Download (673kB)
[img] Text
13. BAB IV EKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V EKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA EKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Eka Fitri Lestari. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Kemampuan Menelaah dan Menyajikan Teks Eksplanasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah informasi teks eksplanasi dan menyajikan teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs/Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Kedua kompetensi dasartersebut, akan menjadi acuan peserta didik jika dipelajarinya melalui kegiatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas berbagai komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Komponen pembelajaran tersebut salah satunya adalah model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, karena penulis hendak menyelidiki hubungan sebab akibat (hubungan pengaruh) antara variabel yang diteliti, yaitu model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dalam pembelajaran menelaah dan menyajikan teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik random sederhana. Data penelitian diolah dengan menggunakan uji statistik yaitu uji Wilcoxon karena berdasarkan uji normalitas seluruh data berdistribusi tidak normal, oleh karena itu pengujian data selanjutnya menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai postest kelas eksperimen dalam kemampuan menelaah teks eksplanasi diperoleh nilai W(hitung) (0) < W(tabel) (0,01) = 243,91 dan kemampuan menyajikan teks eksplanasi diperoleh nilai W(hitung) (0) < W(tabel) (0,01) = 243,91. Artinya hipotesis penelitian ini diterima, model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:26
Last Modified: 19 Apr 2022 02:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5460

Actions (login required)

View Item View Item