MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C ( Studi Deskriptif di PKBM Riyadlushshorpiyyah Awiluar Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya)

ANNISA, RINA (2018) MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C ( Studi Deskriptif di PKBM Riyadlushshorpiyyah Awiluar Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (165kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK RINA ANNISA 2018. Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pembelajaran pada Pendidikan Kesetaraan Paket C (Studi Deskriptif di PKBM Riyadlushshorpiyyah Awiluar Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya). Pembimbing I, Yus Darusman, Pembimbing II Adang Danial. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan motivasi warga belajar dalam mengikuti pembelajaran pada pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Riyadlushshorpiyyah, 2). Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi warga belajar dalam mengikuti pembelajaran pada pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Riyadlushshorpiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah warga belajar Paket C Kls X, Tutor, dan Ketua PKBM, jumlah keseluruhan 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan metode dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan beberapa sumber/ narasumber dan metode yang digunakan dalam mencari informasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Motivasi warga belajar dalam mengikuti pembelajaran pada pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Riyadlushshorpiyyah tergolong bervariatif, hal ini bisa dilihat dari frekuensi kehadiran, keaktifan, kesiapan dalam mengikuti pembelajaran bervariatif yaitu warga belajar memiliki motivasi kategori tinggi sebanyak 7 orang atau 25 %. warga belajar yang memiliki motivasi sedang sebanyak 13 orang atau 46 %, sedangkan warga belajar yang memiliki motivasi kategori rendah sebanyak 8 orang atau 29 %. (motivasi rendah, sedang dan tinggi ). Adapun keaktifan dalam mengikuti pembelajaran warga belajar terlihat juga bervariatif (aktif, cukup aktif, dan kurang aktif), sekitar 49 %-76 %, dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Riyadlushshorpiyyah yaitu faktor internal yang berasal dari warga belajar sendiri yaitu adanya kemauan, minat, kecerdasan dan kondisi yang sehat antara jasmani dan rohani, keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, dan faktor eksternal yaitu lingkungan sosial, adanya dukungan dari pihak keluarga, tingkat pendidikan dan ekonomi Keluarga, kesibukan bekerja, keringanan biaya untuk mengikuti pendidikan di paket C, sehingga warga belajar termotivasi. Kata kunci : Motivasi warga Belajar, pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan Paket C

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:21
Last Modified: 18 Apr 2022 06:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5444

Actions (login required)

View Item View Item