BUDIONO, ANTONO REZA (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri Se-Kota Banjar Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (280kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (130kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (399kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (268kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (730kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (9kB) |
Abstract
Keberhasilan pendidikan pada hakikatnya adalah adanya perubahan kompetensi yang dimiliki peserta didik dan diukur dari hasil belajar di sekolah. Data rata-rata nilai Penilaian Akhir Semester kelas XII IPS SMA Negeri di Kota Banjar menunjukkan hasil yang belum optimal karena nilai yang masih fluktuatif dan belum seluruhnya memenuhi nilai standar minimum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar, serta memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor�faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi Kelas XII SMA Negeri se-Kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII IPS SMA Negeri se-Kota Banjar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 452 peserta didik dan sampel berjumlah 212 peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis faktor dengan menggunakan CFA atau konfirmatori faktor analisis. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu faktor minat dan motivasi (49,20%), faktor intelegensi dan bakat (9,52%), serta faktor cara belajar (6,93%). Faktor yang memberikan kontribusi paling besar adalah faktor minat dan motivasi sebesar 49,20% dan faktor paling kecil adalah faktor cara belajar sebesar 6,93%. Faktor�faktor tersebut sesuai dengan teori yang digunakan sebagai teori utama dalam penelitian ini. Kata Kunci: Hasil Belajar, Analisis Faktor Internal, Faktor Intelegensi dan Bakat, Faktor Minat dan Motivasi, Faktor Cara Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 01:38 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 01:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5366 |
Actions (login required)
View Item |