EVALUASI MARKETING PASANGAN AZIES-HARIS DALAM KONTESTASI PILKADA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2020

KURNIAWAN P, INTAN ELSA (2021) EVALUASI MARKETING PASANGAN AZIES-HARIS DALAM KONTESTASI PILKADA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LEMBARAN PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Strategi Marketing Pasangan Azies-Haris Dalam Kontestasi Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2020. Dilatar belakangi oleh kekalahan pasangan Azies-haris pada pilkada kabupaten Tasikmalaya tahun 2020 yang notabenenya sebagai pengusaha dan politikus. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana strategi marketing politik yang dilakukan pasangan Azies- Haris dalam mempertahankan elektabilitas, mengoptimalisasikan dukungan dari partai koalisi, perencanaan strategi yang digunakan, kemampuan dalam pemetaan segmentasi pemilih, dan kemampuan melakukan targeting dalam kampanye yang digunakan sehingga bisa menyebabkan kekalahan dalam tim ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori marketing politik dan kampanye politik. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan analisis yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian bahwa segmentasi, targeting, dan positioning belum dijalankan secara maksimal. Seharusnya ada aspek lain misalnya pembagian segmentasi dari karakteristik pemilih kalangan bawah, menengah dan atas dilihat dari tingkat ekonomi yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Targeting Tim kampanye memfokuskan dalam pemetaan wilayah berdasarkan hasil pemilihan legislatif partai pengusungnya. Positioning tidak mudah bagi pasangan calon yang baru terjun ke kontestasi politik Tim Azies-Haris membranding kandidat sehingga benar-benar dipersepsikan sebagai kandidat terbaik. Strategi marketing politik yang dilakukan oleh pasangan Azies-Haris belum terbuksi sukses karena ada beberapa faktor internal yang kurang baik. Kata Kunci: Strategi Marketing dan Kampanye Politik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:23
Last Modified: 05 Apr 2022 04:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item