CHALLENGES OF TEACHING LISTENING IN AN EFL CLASSROOM: A CASE STUDY AT AN INDONESIAN HIGH SCHOOL

IMADUDDIN, FAQIH (2019) CHALLENGES OF TEACHING LISTENING IN AN EFL CLASSROOM: A CASE STUDY AT AN INDONESIAN HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
[Cover].pdf

Download (232kB)
[img] Text
[Abstrak].pdf

Download (213kB)
[img] Text
[APPROVAL SHEET] 1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
[Table of Contents].pdf

Download (165kB)
[img] Text
[Chapter 1].pdf

Download (263kB)
[img] Text
[Chapter 2].pdf

Download (268kB)
[img] Text
[Chapter 3].pdf

Download (395kB)
[img] Text
[Chapter 4].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
[Chapter 5].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
[References].pdf

Download (382kB)

Abstract

ABSTRAK FAQIH IMADUDDIN 2019. “Challenges of Teaching Listening in an EFL Classroom: A Case Study at an Indonesian High School”, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi tentang berbagai tantangan yang dihadapi oleh guru selama pengajaran menyimak bahasa Inggris di kelas. Penelitian sebelumnya berfokus pada berbagai cara efektif dalam pengajaran menyimak bahasa Inggris dalam konteks EFL (English Foreign Language) Cahyono & Widiati (2009). Namun, sedikit penelitian yang berfokus terhadap tantangan guru dalam pengajaran menyimak bahasa Inggris khususnya dalam lingkup EFL. Selain itu, fenomena yang terjadi di penelitian ini yakni pengajaran menyimak bahasa Inggris di kelas cukup terabaikan. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik dari Braun & Clarke (2006). Hasil dari penelitian ini menunjukan berbagai tantangan guru dalam pengajaran menyimak Bahasa Inggris. Berbagai tantangannya adalah kurangnya media pembelajaran (speaker dan audio) untuk pengajaran menyimak Bahasa Inggris di kelas, pengelolaan siswa-siswi dan alokasi waktu mengajar di kelas, serta kurang lengkapnya bahan ajar buku dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah untuk pengajaran menyimak Bahasa Inggris. Untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut yakni guru berinisiatif untuk membawa media speaker dan audio sendiri terkait kurangnya media tersebut, selain itu guru memaksimalkan waktu mengajar yang telah ditentukan oleh silabus sebaik dan semaksimal mungkin, dan juga guru mengeksplorasi bahan ajar pengajaran menyimak Bahasa Inggris lewat Internet terkait kurang lengkapnya bahan ajar buku yang disediakan. Kata kunci: Tantangan pengajaran menyimak, Pemahaman pembelajaran menyimak, EFL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:35
Last Modified: 04 Apr 2022 06:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item