Oktavia, Della (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs. Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (25kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & Lembar Pengesahan.pdf Download (261kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text
5. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (425kB) |
|
Text
6. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (597kB) |
|
Text
7. BAB IV edit.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
Abstract
ABSTRAK Della Oktavia. 2019. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik SMP kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 revisi (Depdiknas dalam Kemendikbud, 2017: 8) yaitu kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan. Akan tetapi, kenyataan di sekolah masih banyak peserta didik kelas VIII MTs Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020 belum memiliki kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan. Rumusan masalah penelitian ini antara lain: 1) Dapatkah model pembelajaran STAD meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks ulasan pada peserta didik kelas VIII MTs Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020? 2) Dapatkah model pembelajaran STAD meningkatkan kemampuan menceritakan kembali dalam teks ulasan pada peserta didik kelas VIII MTs Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks ulasan dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada peserta didik kelas VIII MTs Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020; 2) meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada peserta didik kelas VIII MTs Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam penilaian aspek pengetahuan, pada siklus I terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak sebanyak 8 orang (31%) dan yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 18 orang (69%). Pada siklus II, semua (100%) peserta didik mencapai KKM. Dalam penilaian aspek keterampilan, pada siklus I terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 7 orang (27%) dan yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 19 orang (73%). Pada siklus II, semua (100%) peserta didik mencapai KKM. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan pada peserta didik kelas VIII MTs Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 06:13 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 06:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5322 |
Actions (login required)
View Item |