HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Korelasional pada Siswa Kelas XI MIA SMA Islam Cipasung Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

SARI, PUSPITA YUMA (2022) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Korelasional pada Siswa Kelas XI MIA SMA Islam Cipasung Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LEMBARAN PENGESAHAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK Puspita Yuma Sari. 2021. HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI Tujuan utama pendidikan sains adalah mempersiapkan siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sehingga keterampilan berpikir kritis perlu ditingkatkan. Keterampilan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan efikasi diri siswa. Materi usaha dan energi membutuhkan keterampilan berpikir kritis karena pada materi ini lebih banyak menyajikan hubungan antar variabel serta penerapan konsep hubungan usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan teknik cluster random sampling kepada kelas XI MIA SMA Islam Cipasung Tasikmalaya sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket efikasi diri yang dikembangkan oleh Suprapto, Chang & Ku (2017) yang terdiri dari 23 item pernyataan dan 9 item soal essai keterampilan berpikir kritis yang diadaptasi dari Ennis (1985). Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode korelasional dengan menggunakan rumus pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan efikasi diri dengan keterampilan berpikir kritis sebesar 0,76. Hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan berpikir kritis ini berada pada kategori korelasi yang kuat atau tinggi dengan koefisien determinasi 57,76%. Dari hasil analisis data juga dapat diketahui bahwa siswa kelas XI MIA SMA Islam Cipasung Tasikmalaya memiliki efikasi diri dan keterampilan berpikir kritis dengan kategori sedang pada materi usaha dan energi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi usaha dan energi. Kata kunci: Efikasi Diri, Keterampilan Berpikir Kritis, Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:54
Last Modified: 31 Mar 2022 06:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5267

Actions (login required)

View Item View Item