Wardani, Astri Puspita (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG DIBACA DAN DIDENGAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajar 2019/2020 ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI ASTRI PUSPITA WARDANI (152121115).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Astri Puspita Wardani. 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca dan Didengar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Siliwangi. Kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat jenis teks yang harus dikuasi oleh peserta didik SMP/MTs atau sederajat kelas VII salah satunya yaitu “Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca”. Meskipun demikian masih banyak peserta didik kelas VII SMPN 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 yang belum mampu mengidentifikasi unusr-unsur dan menceritakan kembali isi teks ceria fantasi yang dibaca dan didengar. Untuk mengatasi permasalahan ini penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran talking stick meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Pada siklus I pertemuan pertama KD 3.3 mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi, 25 orang peserta didik (79%) yang belum mencapai KKM dan 7 orang peserta didik (21%) telah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.3 menceritakan kembali isi teks cerita fantasi, 27 orang peserta didik (84%) belum mencapai KKM dan 5 orang peserta didik (16%) yang sudah mencapai KKM. Siklus II pertemuan pertama KD 3.3 mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM dan pertemuan kedua KD 4.3 menceritakan kembali isi teks cerita fantasi, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu, 75. Artinya, model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 00:42 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 00:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5238 |
Actions (login required)
View Item |