AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA SUB MATERI PERSAMAAN DAN PERBEDAAN TENTANG STRATEGI PERGERAKAN NASIONAL DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

KANAYA, YOHANDA (2019) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA SUB MATERI PERSAMAAN DAN PERBEDAAN TENTANG STRATEGI PERGERAKAN NASIONAL DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka fix.pdf

Download (91kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran ELearning berbasis Edmodo pada sub materi persamaan dan perbedaan tentang strategi pergerakan nasional di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan Penulisan bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo pada sub materi persamaan dan perbedaan tentang strategi pergerakan nasional di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sampai 6 SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Tasikmalaya yang berjumlah 34 siswa, sampel ini diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang terdapat indikator aktivitas belajar. Hasil penelitian tentang aktivitas belajar siswa yang muncul yang didapat dari perindikator yaitu, indikator visual dengan hasil presentase sebesar 88%, oral 80%, mental 75% dan emosional 92%. Perindikator tersebut kemudian diakumulasikan dengan jumlah presentase sebesar 83% yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Maka dapat dikatakan bahwa dengan digunakannya media E-Learning berbasis Edmodo mampu memunculkan aktivitas siswa kels XI IPS 3 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tasikmalaya dengan kategori tinggi. Kata Kunci : Edmodo, Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:19
Last Modified: 21 Aug 2019 03:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item