Nurfitri, Nurfitri (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Pencemaran Lingkungan (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
0. NURFITRI KATA PENGANTAR.pdf Download (352kB) |
|
Text
0. NURFITRI LEMBAR PENGESAHAN skripsi.pdf Download (8kB) |
|
Text
0. NURFITRI PERNYATAAN & ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text
1. NURFITRI BAB 1.pdf Download (139kB) |
|
Text
2. NURFITRI BAB II.pdf Download (499kB) |
|
Text
3. NURFITRI BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. NURFITRI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
|
Text
5. NURFITRI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
6. NURFITRI DAFTAR FUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn guided inquiry terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019 di MAN 3 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN 3 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 190 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yakni kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Teknik pengumpulan data berupa soal uraian untuk keterampilan generik sains berjumlah 12 soal dan soal multiple choice untuk hasil belajar peserta didik berjumlah 30 soal yang dilakukam sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analysis of covariance) dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Hasil penelitian nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan hipotesis yang didapat adalah tolak Ho. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci: model pembelajaran guided inquiry, keterampilan generik sains, hasil belajar, dan pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 02:32 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 06:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5216 |
Actions (login required)
View Item |