PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Al-Ittihad Mabdaul Uluum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Aulia, Rahma (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Al-Ittihad Mabdaul Uluum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (547kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Rahma Aulia. 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan serta Menciptakan Kembali Teks Anekdot Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Mach (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Al�Ittihad Mabdaul Uluum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Perubahan kurikulum yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia yaitu perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013. Salah satu teks yang harus peserta didik pelajari dalam kurikulum 2013 revisi yaitu teks anekdot. Kemampuan dasar yang digunakan untuk teks anekdot ini yaitu menganalisis struktur dan kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe make a match meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot pada pada peserta didik Kelas X SMK Al-Ittihad Mabdaul Uluum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan 3.4 masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 6 orang atau 27% sementara pada aspek keterampilan 4.4 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 7 orang atau 31%. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kedua, pada aspek pengetahuan 3.4 peserta didik yang sudah mencapai KKM berjumlah 22 orang atau 100% dan pada aspek keterampilan 4.4 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 22 orang atau 100%. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot pada pada peserta didik kelas X SMK Al-Ittihad Mabdaul Uluum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Mar 2022 01:53
Last Modified: 29 Mar 2022 01:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item View Item