UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KUNJUNG KARYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Cimerak Tahun Ajaran 2012/2013)

MELINDA, VERA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KUNJUNG KARYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Cimerak Tahun Ajaran 2012/2013). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK VERA MELINDA. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Pembelajaran Menulis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kunjung Karya (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cimerak Tahun Ajaran 2012/2013). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulm Tingkat Satuan Pendidikan (Depdiknas, 2006; 264). ‘’Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato‘’ merupakan standar kompetensi yang harus dimiliki siswa kelas 1X. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran kunjung karya meningkatkan kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas 1X SMP Negeri 3 Cimerak tahun ajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat tidaknya model kunjung karya meningkatkan kemampuan pembelajaran menulis teks pidato pada siswa kelas 1X SMP Negeri 3 Cimerak tahun ajaran 2012/2013. Model pembelajaran ini adalah tindakan kelas. Sedangkan teknik penelitiannya adalah (1) teknik observasi, (2) teknik tes, dan (3) teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas 1X SMP Negeri 3 Cimerak tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dapat penulis nyatakan berhasil. Keberhasilan ini dibuktikan dengan adanya perubahan dan peningkatan kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas 1X SMP Negeri 3 Cimerak tahun ajaran 3012/2013. Melalui penelitian yang penulis laksanakan terdapat perubahan dan peningkatan perolehan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai proses dan hasil belajar siswa. Perolehan nilai proses belajar siswa pada siklus satu belum mencapai, sedangkan pada siklus dua siswa sudah aktif, bersungguh-sungguh dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Proses rata-rata hasil belajar pada siklus satu 60 sedangkan pada siklus dua diperoleh nilai rata-rata 75,0. Adapun KKM yang diberikan disekolah SMP Nwgeri 3 Cimerak adalah 75. Sedangkan siswa mencapai KKM pada siklus satu ada 13 orang (65%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 7 orang (35%). Pada siklus kedua semua siswa sudah mencapai KKM. Terjadi meningkatan perolehan nilai proses dan hasil belajar siswa menunjukan bahwa menulis teks pidato dengan menggunakan model pembelajaran kunjung karya pada siawa kelas 1X SMP Negeri 3 Cimerak tahun ajaran 2012/2013. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Mar 2022 11:16
Last Modified: 21 Mar 2022 11:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item