PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA SERTA MENYAJIKAN DATA/INFORMASI DALAM BENTUK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Saraswati, Rini (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA SERTA MENYAJIKAN DATA/INFORMASI DALAM BENTUK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Bab 1-3 Skripsi Rini Saraswati.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab 4-5 Skripsi Rini Saraswati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)

Abstract

ABSTRAK Rini Saraswati. 2019. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Berita Serta Menyajikan Data/Informasi dalam Bentuk Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tornament. (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP/MTs kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi adalah menelaah struktur dan kebahasaan teks berita serta menyajikan data/informasi dalam bentuk berita. Kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu menelaah struktur dan kebahasaan teks berita serta menyajikan data/informasi dalam bentuk beritadengan baik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model pembelajaran yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), dengan tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita serta menyajikan data/informasi dalam bentuk berita. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2019./2020, yang dilaksanakan dalam siklus I dan siklus II. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di MTs Negeri 8 Tasikmalaya untuk kelas VIII adalah 75. Perolehan nilai pengetahuan pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 10 orang peserta didik (41,67%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 14 orang peserta didik (58,33%) dengan nilai rata-rata 77,29.Pada siklus II persentase jumlah peserta didik yang memperoleh nilai pengetahuan di atas KKM sebanyak 24 orang peserta didik (100%) dengan nilai rata-rata 86,92. Perolehan nilai keterampilan pada siklus I peserta didik yang memeroleh nilai di bawah KKM sebanyak 8 orang peserta didik (33,33%), sedangkan peserta didik yang memeroleh nilai di atas KKM sebanyak 16 orang peserta didik (66,67%) dengan nilai rata-rata 77,79. Pada siklus II pesersentase siklus II persentase jumlah peserta didik yang memeroleh nilai keterampilan di atas KKM sebanyak 24 orang (100%) dengan nilai rata-rata 85,67. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran TGT meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data/informasi dalam bentuk berita pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:11
Last Modified: 14 Mar 2022 03:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item