MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA PENDIDIKAN KESETARAAN (Studi pada Program Kejar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya)

IGI, WIGUNA (2021) MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA PENDIDIKAN KESETARAAN (Studi pada Program Kejar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
S_WIGUNAIGI_172103101_Title.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S_WIGUNAIGI_172103101_Chapter1.pdf

Download (883kB)
[img] Text
S_WIGUNAIGI_172103101_Chapter2.pdf

Download (888kB)
[img] Text
S_WIGUNAIGI_172103101_Chapter3.pdf

Download (817kB)
[img] Text
S_WIGUNAIGI_172103101_Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
S_WIGUNAIGI_172103101_Chapter5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

ABSTRAK WIGUNA IGI. 2021. “MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA PENDIDIKAN KESETARAAN. (STUDI PADA PROGRAM KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA TASIKMALAYA)”. Dibimbing oleh Yus Darusman dan Lilis Karwati. Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pembelajaran daring merupakan pendekatan inovatif dalam pelaksanaan pendidikan kesetaraan di SKB Kota Tasikmalaya. Pembelajaran daring populer dilaksanakan sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh, sejak kebijakan untuk belajar di rumah karena adanya pandemi Corona Virus Disease (covid-19). Penelitian ini dilakukan karena ditemukan beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran daring, diantaranya keterampilan penggunaan Information Communication and Technology (ITC) tutor dan warga belajar yang masih kurang, penyesuaian sumber belajar dengan media daring, dan keterbatasan kuota internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran daring pada program paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil penelitian ditemukan bahwa model pembelajaran daring di SKB Kota Tasikmalaya adalah alternatif model pembelajaran yang menggunakan media daring. Tutor merancang dan mendesain materi pelajaran yang efektif dengan memanfaatkan media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Pembelajaran daring di SKB Kota Tasikmalaya menggunakan model pembelajaran projects based learning melalui media pembelajaran WhatsApp, Zoom, Google Classroom dan Youtube. Simpulan pembelajaran daring merupakan solusi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi dengan meningkatkan keterampilan penggunaan media daring bagi tutor dan warga belajar sebagai sarana pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran, Media, Paket C

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:54
Last Modified: 10 Mar 2022 04:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5048

Actions (login required)

View Item View Item